MAJELIS PERTAMA
Keutamaan Bulan Ramadhan

“Bulan Ramadlan adalah bulan dimana telah diturunkan Al-quran yang menjadi petunjuk dan penerangan bagi manusia, pembeda antara haq dan bathil…” (QS Al-Baqarah: 185)
Diriwayatkan dari Abu hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Kerusakan bagi seseorang yang disebut namaku di sisinya, dia tak mau bershalawat kepadaku. Kerusakan bagi seseorang yang mempunyai kedua orang tua atau salah satu dari mereka berdua, dia tak melakukan amal kebaikan pada keduanya, kebaikan yang membawanya masuk ke surga. Kerusakan bagi seseorang yang telah melewati Ramadlan namun dosanya belum terampuni.”
Sebab Ramadlan adalah bulan rahmah (Kasih) dan ampunan dari Allah ta’ala. Apabila ada orang yang belum terampuni dosa-dosanya di bulan ramadlan, maka ia adalah orang yang merugi.
Diriwayatkan dari beliau nabi shalallahu alaihi wa sallam, “Barangsiapa membaca shalawat kepadaku pada hari jumat sebanyak 100 kali, maka di hari kiamat nanti dia akan datang dengan wajah yang bercahaya, bilamana cahaya tersebut dibagi rata buat semua makhluk niscaya mampu terangi keseluruhannya. (Zubdah Al-Wa’idzin)
Dari Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barangsiapa gembira dengan kehadiran Ramadlan, maka Allah mengharamkan tubuhnya dari neraka.”
Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Bila datang malam Ramadlan yang pertama, maka Allah berfirman, Dimanakah hamba yang mencintaiKu maka Aku akan mencintainya. Dimanakah hamba yang mencariKu maka Aku akan menemuinya. Dimanakah hamba yang meminta ampunan, maka dengan kemuliaan Ramadlan, Aku mengampuninya. Kemudian Allah memerintahkan pada malaikat pencatat amal di bulan Ramadlan, “Catatlah kebaikan-kebaikan mereka dan jangan kalian catat amal keburukan mereka. Allah telah mengampuni dosanya yang telah lalu.”
Diriwayatkan, sesungguhnya suhuf Ibrahim alaihi salam diturunkan pada malam pertama Ramadlan, dan Taurat pada malam keenam Ramadlan dengan selisih waktu 700 tahun setelah suhuf Ibrahim alaihi salam. Dan Zabur diturunkan pada malam kedua belas ramadlan dengan selisih waktu 500 tahun sejak diturunkan Taurat. Dan Injil diturunkan pada malam kedelapan belas setelah turunnya zabur dengan selisih waktu 1200 tahun. Dan Al Furqan diturunkan pada malam kedua puluh tujuh ramadlan setelah turunnya injil dengan selisih waktu 620 tahun. (Kitab Al-Hayat)
Dari Ibnu abbas radhiyallahu anhuma dia berkata, sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Apabila umatku mengetahui perkara di dalam Ramadlan, niscaya mereka akan berharap bahwa satu tahun penuh berupa bulan ramadlan semua.”
Dikarenakan banyaknya kebaikan di dalamnya, ibadah diterima, doa-doa dijawab, dosa-dosa diampuni dan surga merindukan mereka yang berpuasa. (Zubdah Al wa’idhin)
Dan diriwayatkan dari Hafsh al kabir, dia berkata, Dawud ath-tho’i berkata: “Rasa kantuk menyerangku di malam pertama ramadlan, aku bermimpi melihat surga, seolah-olah aku duduk di pinggir sungai yang terbuat dari intan dan yaqut. Tiba-tiba kulihat beberapa bidadari surga yang wajahnya bersinar gemilang laksana matahari, akupun lalu mengucap La Ilaha illalloh Muhammadun Rasulullah. Merekapun berucap “La ilaha illalloh muhammadur rasulullah. Kami adalah diperuntukkan mereka yang bersyukur, berpuasa, rukuk dan bersujud di dalam bulan ramadlan.”
Dari kejadian itu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Ramadlan merindukan empat golongan: Orang yang membaca al-quran, orang yang menjaga lisannya, orang yang memberikan makan pada mereka yang kelaparan dan orang yang berpuasa di bulan ramadlan.” (Raunaqul majalis)
Dalam sebuah hadits, “Apabila hilal ramadlan telah tampak, maka berteriaklah Arsy, Kursy, para malaikat dan makhluk lain, sambil berkata: “Kebahagiaan bagi umat muhammad shalallahu alaihi wa sallam yang memperoleh kemuliaan dari Tuhannya. Matahari, bulan, bintang, burung-burung yang beterbangan, ikan-ikan yang di lautan dan semua makhluk hidup yang berada di atas bumi kecuali setan yang terlaknat, siang dan malam memintakan ampunan untuk mereka. Maka saat pagi menjelang, tiada seorangpun yang luput dari ampunan Tuhan. Kemudian Allah berfirman pada malaikat, “Jadikanlah pahala sholat dan tasbih kalian selama ramadlan ini untuk umat muhammad shalallahu alaihi wa sallam.”

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s