TANGAN KERING

Dihikayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha:
Ada seorang wanita menemui nabi dimana tangan kanannya kering karena sakit. Wanita itu berkata: “Ya Rasulallah, semoga Engkau berkenan mendoakanku kepada Allah, agar tanganku ini dapat sembuh kembali seperti semula.”
Rasulullah bertanya kepadanya: “Apakah yang menyebabkan tanganmu kering tidak hidup (tidak dapat digerakkan sama sekali)?”
Jawab wanita: “Saya bermimpi seolah-olah kiamat benar-benar sedang terjadi. Neraka jahanam telah dinyalakan. Surga telah didekatkan dan neraka telah terbentuk menjadi jurang. Maka saya melihat, bunda saya berada dalam suatu jurang diantara jurang-jurang neraka jahanam, dimana tangan kanannya memegang sepotong daging dan tangan kirinya memegang secuil potongan kain untuk menghalau api neraka jahanam.
Lalu saya bertanya, “Wahai bundaku, mengapa aku melihatmu di jurang jahanam ini? Bukankah engkau wanita yang taat pada Allah dan juga wanita yang mendapat ridhla suamimu?”
Ibuku menjawab, “Wahai anakku, sesungguhnya aku adalah orang yang kikir sewaktu masih hidup di dunia.”
Aku bertanya lagi, “Lalu sepotong daging dan secuil kain yang kau bawa itu untuk apa?”
Ibu menjawab, “Sepotong daging dan secuil kain ini merupakan sesuatu yang telah aku sedekahkan di dunia. Dan selama hidupku, aku tak pernah bersedekah kecuali daging dan sepotong kain ini, maka keduanya aku pergunakan untuk menjaga tubuhku dari api neraka dan siksaan terhadap diriku.”
Aku bertanya lagi kepadanya, “Ayah dimana bunda?”
Ibuku menjawab, “Ayahmu itu orang yang dermawan, maka dia berkumpul dengan orang-orang yang dermawan pula yaitu di surga.”
Kemudian saya pun berangkat ke surga, kutemui ayahku sedang berdiri di tepi telagamu hai Rasulallah, dia sedang memberikan minum kepada banyak orang. Ayahku mengambil gelas dari tangan Ali karramallah wajhah, dan Ali mengambil dari tangan Utsman bin affan radhiyallahu anhu, dimana utsman mengambil gelas dari tangan Umar radhiyallahu anhu, dan umar mengambil gelas dari tangan Abu bakar radhiyallahu anhu dan abu bakar mengambil gelas dari tanganmu, ya rasulallah.”
Kemudian saya bertanya kepada ayahku, “Hai ayahku, sesungguhnya ibuku adalah istrimu yang taat kepada Tuhannya dan mendapat ridhamu, dia sekarang berada di suatu jurang dalam neraka jahanam, sedangkan engkau memberikan minuman kepada banyak orang dari telaga kautsar, telaga rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Padahal ibu adalah orang yang sangat kehausan, mohon kiranya engkau berkenan memberikan seteguk air telaga (kautsar) itu!”
Ayahku menjawab, “Wahai anakku, sesungguhnya ibumu itu berkumpul di tempat orang-orang bakhil dan mereka yang berbuat dosa lagi maksiat. Allah mengharamkan air telaga nabi untuk mereka yang bakhil, berbuat dosa lagi maksiat.”
Lalu secepat kilat aku mengambil segelas air darinya tanpa keridhaannya untuk berikan minum pada ibuku, kemudian aku meminumkannya pada ibu. Setelah itu aku mendengar sebuah suara yang mengatakan, “Semoga Allah mematikan tanganmu, kamu datang memberikan minum dari telaga nabi untuk orang yang berbuat maksiat lagi kikir (bakhil).” Sayapun kemudian terbangun dari tidur dan kudapati tanganku sudah kering dan tidak hidup (jimpe).”
Rasulullah bersabda, “Kamu saya pukul karena kekikiran ibumu di dunia, maka bagaimana pukulan yang diterima ibumu di akherat?”
Kemudian aisyah radhiyallahu anha berkata, “Bahwasanya Nabi shalallahu alaihi wa sallam kemudian meletakkan sebuah tongkat di atas tangan wanita tersebut sambil berdoa, “Ya Allah, sebab mimpi yang diceritakan wanita ini, semoga Engkau berkenan memperbaiki tangannya.” seketika itu juga tangan wanita itu sembuh seperti sediakala.
Wallahu a’lam

Mauidzul ushfuriyah

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

2 responses »

  1. ashabulfirdaus mengatakan:

    Trima kasih mbak purwati, atas kunjungan sampean. Mohon petunjuk..saya tidak begitu bisa dengan blog..cuma utak-atik sendiri, jgn ditertawakan ya mbak, trs trg sya Bingung dan masih perlu banyak belajar dari org spt sampean!
    Skali lagi mhn petunjuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s