Ada seorang laki-laki masuk ke
masjid di luar shalat fardhu. Ia
menemukan seorang anak kecil
yang berumur 10 tahun sedang
melakukan shalat sunnah degan
khusyu’. Kemudian lelaki tu
menunggu anak kecil
menyelesaikan shalatnya.
Setelah itu ia mendatanginya
dan mengucapkan salam, lalu
bertanya: ” Wahai anak, kamu
putra siapa?”. Anak itu hanya
menundukkan kepalanya dan
meneteskan air mata. Lalu ia
mengangkat kepalanya dan
berkata: “Wahai paman, saya
anak yatim piatu, tidak
berbapak dan tidak memiliki
ibu”. Laki-laki itu tertegun dan
muncul rasa kasihan. Ia berkata:
“Apakah engkau mau ku angkat
sebagai anak angkatku?”. Anak
kecil tadi balik bertanya:
“Apakah jika saya lapar engkau
akan memberi saya makan ?”.
Laki-laki itu lalu menjawab:
“Ya”. Si anak bertanya lagi:
“Apakah jika saya telanjang
engkau akan memberi saya
pakaian ?”. Laki-laki itu
menjawab: “Iya”. Si anak
bertanya lagi: “Apakah jika saya
sakit engkau akan
menyembuhkan saya ?”. Laki-
laki itu menjawab: “Itu tidak
mungkin”. Si kecil bertanya lagi:
“Apakah jika saya mati engkau
mampu menghidupkan saya
lagi ?”. Laki-laki itu kembali
menjawab: “Itu jelas tidak
mungkin!”. Si kecil lalu berkata:
“Wahai paman, kalau begitu
tinggalkanlah saya sendiri
dengan Tuhan Yang
Menciptakan saya, Yang
memberi saya petunjuk, Yang
memberi saya makan dan
minum, Yang menyembuhkan
saya saat saya sakit, Yang
mengampuni dosa saya di hari
akhir”. Laki-laki itu lalu terdiam
membisu, ia kagum terhadap
jawaban anak kecil itu. Lalu ia
pun meninggalkannya dan
berkata: “Saya percaya Allah,
barang siapa bertawakkal pada-
Nya niscaya akan dicukupkan
segala
kebutuhannya”.

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

