“Dan Diantara Tanda-Tanda (kebesaran)-NYA Ialah DIA Menciptakan Pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan DIA menjadikan diantara kamu rasa KASIH DAN SAYANG. …” (AR RUM: 21)
Dalam ayat tersebut terdapat 3 kata:
● SAKINAH bermakna
kecendrungan atau kecondongan hati, ketenangan biologis dan psychologis agar kedua mempelai berikhtiar, beribadah seoptimal mungkin sehingga rumah tangga akan tentram ketika berada didekat sang suami atau isteri.
Ketentraman adalah buah dari iman dan taqwa yang dibina bersama secara istiqomah, istighfar dan istikharah tentunya mahligai rumah tangga akan damai tenteram serta semua masalah dihadapi dengan saling menghormati dan menghargai.
● MAWADDAH, adalah cinta sejati dalam artian menerima pasangan hidup apa adanya dan mencintai karena mengharapkan semata ridha Allah SWT. Insya Allah Cinta yang terpateri dengan keimanan dan taqwa tersebut akan langgeng dan mampu mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Menerima apa adanya pasangan adalah kunci kelanjutan bahtera rumah-tangga.
Itulah mengapa Allah memakai lafadz mawaddah bukan memakai lafadz mahabbah.
Mahabbah dan mawaddah artinya sama tapi lain makna.
Mahabbah cinta yang cenderung pada segi fisik dan segala sesuatu dari pasangan yang konkrit.
Sedang mawaddah cinta yang berorientasi pada faktor psychologis dan abstrak dari pasangan.
● WARRAHMAH, salah satu sifat Tuhan Yang Maha Kasih Sayang yang dianugerahkan kepada hambanya, agar dalam menempuh kehidupan rumah tangga selalu memancarkan kasih sayang dan kelembutan.
Kasih sayang kedua insan yang dipadukan dalam pernikahan akan lebih bertaut ketika anak telah meramaikan kehidupan rumah tangga.
Amanah yang diberikan Tuhan Yang Maha Pengasih adalah keturunan yang harus dididik dengan penuh kasih sayang mengantarkan anak-anak tersayang ke jenjang insan kamil.

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s