Ada seseorang Ulama’ berpendapat bahwa yang dimaksud dengan puasa adalah mengekang musuh Allah, karena setan menggoda manusia melalui syahwat. Sewaktu syahwat kuat karena makan dan minum, maka puasa yang mengekang musuh Allah dan memecah syahwat tidak akan berfaidah tanpa melemahkan diri dengan menyedikitkan makan.
Dari cara mengerjakan puasa seperti tsb, telah diriwayatkan bahwa sewaktu Allah menciptakan akal, maka Allah bertanya padanya, “Hai akal, menghadaplah kemari!”
Kemudian akal pun menghadapkan wajahnya pada Allah. Sewaktu Allah berfirman, “Hai akal, berbaliklah!” Maka akal pun kemudian berbalik.
Lalu Allah bertanya, “Hai akal, siapakah kamu dan siapakah engkau?”
Akal pun menjawab, “Engkau adalah Tuhanku dan aku adalah hambaMu yang lemah.”
Kemudian Allah berfirman, “Hai akal, Aku tidak menciptakan makhluk yang mulia melebihi engkau.”
Kemudian Allah ta’ala menciptakan nafsu, maka Allah bertanya kepadanya, “Hai nafsu, menghadaplah kepadaKu!” Nafsu diam dan tak menjawab perintahNya.
Kemudian Allah bertanya lagi, “Hai nafsu, siapakah kamu dan siapakah Aku?”
Nafsu menjawab, “Aku adalah aku, kamu adalah kamu!”
Maka Allah menghukumnya di dalam neraka jahanam selama 100 tahun. Kemudian Allah mengeluarkannya dari jahanam, Allah menanyainya lagi, “Hai nafsu, siapakah aku dan siapakah kamu?”
Nafsu menjawab, “Aku adalah aku dan kamu adalah kamu!”
Kemudian Allah pun meletakkan nafsu dalam neraka ju’ (neraka kelaparan) selama 100 tahun, lalu setelah diangkat, Allah bertanya padanya, “Hai nafsu, siapakah Aku dan siapakah kamu?”
Baru setelah menderita kelaparan ia menjawab, “Aku adalah hambaMu dan Engkau adalah Tuhanku!”
Dari situlah, berawal dari kejadian tersebut maka Allah ta’ala mewajibkan kita mengerjakan ibadah puasa. (MISYKATUL ANWAR)

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

