Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Rasulullah Saw pernah bersabda, “ada tiga jenis manusia yang sama sekali tidak akan dipandang Allah pada hari kiamat, tidak akan disucikan dosanya dan akan menerima azab yang pedih. mereka adalah:
1. Seorang lelaki yang memiliki kelebihan air di suatu jalan lalu menyembunyikannya dari ibnu sabil (para musafir atau peziarah di Jalan Allah)
2. Seorang lelaki yang
memberikan baiat (ikrar
kesetiaan) kepada seorang penguasa dengan tujuan semata-mata memperoleh keuntungan duniawi. Apabila penguasa itu memberinya sesuatu, ia gembira, dan jika ia tidak memberinya apa-apa, ia benci.
3. Dan seseorang yang
memamerkan barang-barangnya untuk dijual selepas asar (dan mengangkat sumpah palsu) dengan berkata, “Demi Allah! kecuali Dia, tidak ada yang patut disembah. Barang-barangku telah ditawar (dengan harga) sekian dan sekian.” sehingga orang mempercayai bualannya (dan membeli barang-barang yang ditawarkannya).
Kemudian Nabi Muhammad Saw membacakan ayat suci Al-Quran: Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit… (QS Ali Imran: 77). [HR BUKHARI]

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s