Dari Abu Hurairah dari Nabi shalallahu alaihi wa sallam, sesungguhnya beliau bersabda, “Barangsiapa melangkahkan kaki pada jalan menuju pencarian ilmu, maka Allah akan melangkahkan kakinya menuju surga. Dan sesungguhnya semua makhluk mulai dari yang ada di langit dan di bumi hingga ikan-ikan di lautan, semuanya memintakan ampunan pada orang yang berilmu (agama). Sesungguhnya para Ulama’ adalah ahli warisnya para nabi.”
Dari Abu dzar, dia berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah bersabda, “Wahai Abu dzar, sesungguhnya langkah-langkah kakimu di pagi hari yang bermaksud mengaji satu bab tentang kitabullah (Al-quran), adalah lebih baik bila dibandingkan dengan pahala shalat (sunah)mu 100 rakaat. Dan sesungguhnya langkah-langkah kakimu di sore hari, yang bermaksud mengajarkan kepada manusia tentang satu bab ilmu agama yang telah diamalkan atau belum diamalkan, maka itu semua lebih baik bagimu daripada engkau shalat sunah 1000 rakaat. “
Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah bersabda, “Barangsiapa belajar ilmu (agama) satu bab dengan maksud untuk mencerdaskan umat manusia, maka akan diberikan kepadanya sama seperti pahalanya 70 Nabi.”
Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam juga bersabda, “Barangsiapa duduk di sisi orang alim dua jam, atau ia menyertainya makan meskipun hanya dua sendok, atau ia mendengar dari orang alim tadi dua kalimat saja, atau ia menyertainya meskipun hanya dua langkah saja, maka Allah akan memberikan dua kebun surga kepadanya, yang masing-masing satu kebun luasnya sama dengan dua kali luasnya dunia.” (MISYKATUL ANWAR)

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s