BEDA ORANG ZAMAN DULU DAN ORANG ZAMAN SEKARANG

Seorang guru MTsN sedang membahas Sejarah Kebudayaan Islam, timbul uneg-uneg pertanyaan dalam diri si murid dan segera ia mengacungkan telunjuknya.
“Jadi menurut Ibu, perbedaan mencolok orang zaman dulu dan sekarang apa?”
“Banyak bedanya.
SATU, dalam hal makan dan minum. Orang zaman dulu makan minum demi mempertahankan hidup, orang zaman sekarang makan demi menikmati hidup.
DUA, dalam hal pakaian. Orang zaman dulu berpakaian ala kadarnya asal menutup aurat karena mahalnya kain, orang zaman sekarang berpakaian serba mewah demi mengeluarkan aura tapi tak mempeduli tentang aurat, mungkin karena kurang kain.
TIGA, dalam hal belajar. Orang zaman dulu makan setelah belajar dimana akal menjadi cepat tanggap, orang sekarang makan dulu baru belajar, makanya cepat ngantuk dan nasehat sulit masuk.
EMPAT, dalam hal menikah. Orang zaman dulu – menikah dan ijab qabul dahulu kemudian pacaran, makanya kasih sayang pernikahan mereka awet, masih utuh, suci dan tidak mustakmal. Orang zaman sekarang pacaran dahulu baru menikah, hingga terkadang karena ke-mustakmalannya harus cerai. Orang zaman dulu cerai karena faktor kematian, orang zaman sekarang cerai karena faktor ekonomi, beda argumen dan perselingkuhan.
LIMA, dalam hal kenegaraan dan pemerintahan. Orang zaman dulu merasa bahwa mandat yang ia emban adalah amanat rakyat dan merupakan titipan anak cucu, maka mereka menjaga amanat tsb dengan kokoh tak perduli diri mereka keluar biaya supaya rakyat tidak kelaparan. Orang zaman sekarang merasa bahwa mandat yang ia emban hasil jerih payah, juga adalah warisan nenek moyang, dan tersebab ia telah keluarkan uang banyak maka ia harus dapatkan uang itu kembali, jangan sampai ia rugi tak peduli rakyat kelaparan.”

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s