Nduk, anakku. wanita itu tiang negara, apabila wanitanya baik dan bagus, dalam arti punya tatakrama, agama dan etika – maka bagus pula negara itu. Namun apabila wanitanya rusak, dalam arti rusak agamanya, etika dan tatakramanya – sudah barang tentu rusak pula negaranya.
Kamu harus tahu nduk, bahwa wanita yang baik dan bagus itu, mempunyai watak seperti huruf mim:

M = MANUT (menurut)
Ia tunduk dan patuh pada Agama, yaitu patuh pada Allah dan rasul-Nya. Ia juga patuh pada suaminya dan kedua orang tuanya, selama keduanya tidak memerintahkan pada perkara maksiat dan larangan Allah dan rasulullah.
Bila wanita sudah taat pada Allah, Rasulullah, Suami dan orang tua, maka sudah barang tentu ia adalah warga negara yang patuh pada pimpinannya.

I = ISIN (pemalu)
Ketahuilah olehmu, nduk putriku. Perhiasan wanita bukanlah mas permata belaka. Tapi sifat malu itulah perhiasan yang utama. Kehormatan wanita itu berada pada sifat malunya. Maka bila ada wanita tak punya sifat malu, maka ia akan berbuat seenaknya sendiri tanpa peduli pada norma dan agamanya.
Nduk, putriku .. Jagalah dan peliharalah malu, sebab hanya wanita-wanita yang punya malulah yang punya harga diri.

M = MENENG (pendiam)
Jadilah engkau manusia yang hati-hati dan waspada dalam menjaga lisan. Wanita itu harus diam pada setiap kekurangan suami sebab tak ada satu suamipun yang luput dari kekurangan.
Ia kuat menjaga rahasia keluarga, diam dan tidak menggosip ke sana-sini tentang rahasia keluarganya. Namun, meski dalam diam ia pun tetap membenahi diri dan keluarganya, tanpa harus berkoar-koar di rumah tetangga.

Nduk, putriku. Apabila kau bisa memegang 3 huruf ini dalam hidupmu, maka kau akan menjadi kebanggaan si mbok mu ini, kau tak hanya jadi wanita yang shalihah saja, tapi kau masuk dalam kategori qanitat, hafidzat seperti layaknya wanita-wanita surga.

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s