Thole, anakku bocah sing bagus, Jadi laki-laki sempurna adalah tujuan, namun tak satupun laki-laki atau wanita diciptakan dengan kesempurnaan.
Meski demikian, Thole anakku, kau harus tetap berusaha dan semangat untuk menjadi baik dan terus-menerus baik untuk mendekati titik sempurna. Setidaknya, dengarkan nasehat si mbokmu ini.
Thole, anakku sing bagus. Lelaki identik dengan huruf ALIF dan HA’. Yang artinya,
A = ANDAP ASOR (rendah hati)
Tugasnya lelaki sebagai seorang imam itu berat. Ia dituntut untuk mempunyai kepribadian dan akhlak yang indah sehingga ia mampu menjadi tauladan bagi istri dan anak-anakmu kelak. Kalau kau ingin anak dan istrimu punya akhlak yang baik, terlebih dahulu kau harus berakhlak baik.
Bila kau ANDAP ASOR (rendah hati) maka istri dan anakmu pun akan berbuat sedemikian rupa. Mereka akan menjadi generasi yang sopan santun, lemah lembut dan berbudi luhur. Manusia yang rendah hati akan jadi sosok mulia dihadapan Allah dan manusia. Barangsiapa andap asor maka akan tinggi derajatnya, tapi bila kamu sombong dan TINGGI HATI, maka harga dirimu akan jatuh dalam kerendahan, kehinaan dan kenistaan sehingga kau akan terpojok dalam sudut-sudut kehidupan.

L = LANTIP (cerdas hati, akal, tindakan dan pikiran)
Kepintaran dan kepandaian dalam akal tidaklah cukup sebagai sarana yang baik mengemban tugas imam dan khalifah dalam keluarga. Tapi dibutuhkan juga kecerdasan dalam bertindak dan mengantisipasi akan masalah yang datang secara mendadak dan tiba-tiba, disitu dibutuhkan kesiapan mental dan spiritual yang tinggi. Bukan hanya sekedar belajar teori melulu.
Maka, wahai thole bocah ganteng. Banyak orang pintar terpeleset dan tak tahu harus bertindak apa, sebab tak pernah ia menyelaraskan dan menyeimbangkan antara akal dan tingkah laku. Latihan yang bisa kau lakukan adalah banyak-banyak melakukan ibadah sunah, seperti qiyamul lail dan puasa sunah, yang dari sana kau akan memperoleh LANTIP sbg hidayat dari Allah.

I = IKHLAS
Thole, setiap ilmu perlu amal, puncaknya ilmu adalah diamalkan. Apa guna ilmu kalau cuma jadi pajangan?
Apa manfaaat ilmu kalau cuma mengolok-olok orang bodoh? Tancapkan dalam hatimu, menuntut ilmu karena kebodohanmu lillahi ta’ala. Setelah kamu berilmu maka amalkan, setelah beramal maka ikhlaskan. Jangan kau sebut amalmu di depan temanmu, sebab itu adalah riya’. Jangan pula kau bangga-banggakan amalmu, sebab nikmat gusti Alloh masih terlalu besar bila dibanding amal ibadah yang kau lakukan.
Ikhlaslah.. Kau akan dirahmati.

F = FIRDAUS
Thole, kamu adalah surga bagi keluargamu, pun bisa jadi neraka, semua tergantung kamu dalam memegang peranan. Kalau kamu bertindak, berfikir serta berkepribadian Al-quran, mencontoh Rasulullah, keluarga, dan para sahabatnya, berdedikasi seperti para ulama’ maka rumahmu dan keluargamu adalah FIRDAUSMU. Namun bila sebaliknya maka rumahmu dan keluargamu adalah NERAKAMU.

Huruf ha’ bermakna HIRSHUN, artinya kau thole, harus bersikap kasih sayang, lemah lembut, memilih yang utama, halal dan barakah untuk keluargamu. Kau harus menjadi sosok yang arif, aris dan bijaksana. Lebih mengutamakan kepentingan keluargamu di atas kepentingan pribadimu sendiri. Seorang pimpinan harus rela berkorban demi rakyat dan anak buah.

Bila kamu thole, telah menguasai ALIF dan HA’, kemudian istrimu berkepribadian MIM dan DAL (baca posting NASEHAT BUAT PUTRIKU), maka dalam keluargamu tersusun ALIF, HA’, MIM, DAL maka menjadi kata AHMAD.
Itu artinya keluargamu menjadi keluarga pujaan, penuh sanjungan dari Allah, malaikat dan rasul-rasulNya. Seisi dunia dan seisi langit mendoakan untuk keluargamu yaitu keluarga AHMAD, yang berlandaskan al-quran, hadits, atsar para sahabat rasulullah dan tuntunan para ulama’ salafus shalih, yang pada akhirnya menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah.

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s