Indonesia, selalu saja ribut tentang awal ramadhan dan awal syawal. Kenapa?
Karena mungkin saja hilal yang masih perawan selalu malu jika dilihat. Beda dengan bulan yang sudah dewasa..

Dahulu, Ibunda syeikh Abdul qodir Al jailani pernah berkata: “Ketika aku melahirkan anakku Abdul qodir, pada siang hari bulan Ramadhan ia tidak pernah mau menyusu kepadaku. Ia mau meminum ASI-ku ketika adzan maghrib tiba. Yang demikian itu berlangsung sampai aku menyapihnya di umur dua tahunan.”

Ibunda syeikh abdul qadir melanjutkan ceritanya, “Sehingga pernah pada suatu hari orang-orang kampung datang kepadaku dan bertanya kepadaku tentang awal bulan syawal, karena mereka (kaum rakyat) selalu dibingungkan oleh ketetapan pemerintah tentang itsbat hilal bulan Syawal.”

“Wahai bunda Abdul qadir, kira-kira hari ini apakah sudah muncul hilal bulan syawal atau belum?” Tanya salah seorang tetangga

Maka dengan segera aku katakan kepada mereka para tetanggaku: “Anakku pada saat ini tidak menyusu kepadaku sama sekali, maka itu artinya bahwa hari ini adalah masih berada pada bulan Ramadhan.”
Dan anehnya lagi, apa yang dilakukan anakku abdul qadir selalu pas dan tepat dengan perhitungan kaum cendikiawan ilmu falaq dan hisab dan rukyatul hilal.”

Mulai sejak itu beliau Abdul qadir kecil terkenal di kotanya, bahwasannya beliau dilahirkan sebagai orang yang mulia yaitu seorang yang sudah mampu melakukan ibadah puasa semenjak bayi, ia kuat menahan tidak menyusu dan tidak menangis di siang hari, dan bahkan ia mampu memahami kata hati ibunya supaya tidak rewel dan tidak ngompol. Ia pun tak pernah rewel dan ngompol di celana semenjak ia bayi. Ia menangis di kala sepertiga malam untuk membangunkan ibunya bertahajud. Ia selalu mendengarkan bacaan al quran dari ibunya. Ia pun kemudian mampu menghafal al quran 30 juz dalam usia 7 tahun. Dan ia adalah calon sulthonul auliya syeikh abdul qadir al jailani.

(Referensi: Naba’ul Auliya)

About ashabulfirdaus

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s